Popular Post

New Posts

Rabu, 25 November 2015

Pengertian faktur dan contohnya – 
Apa itu faktur?
Faktur adalah bukti transaksi penjualan/pembelian secara kredit. Atau definisi faktur yang lainnya yaitu, biasanya disebut juga “invoice” jika dalam bahasa inggris, merupakan sebagai tanda bukti yang menyatakan bahwa barang-barang yang telah tercantum di dalamnya telah diperjualbelikan. Di dalam surat ini berisi berbagai keterangan mengenai pemesan (seperti: nama, alamat & nomor pesanan), barang (seperti:jumlah, jenis, model, dll.), biaya-biaya, harga dan yang lainnya.

Yang lebih singkatnya tentang pengertian faktur yaitu suatu perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga, dan hal-hal yang lain, yang biasanya terkait dengan pembayaran. Pada umumnya ketika terjadi kesepakatan mengenai harga suatu barang antara pihak konsumen dan penjual, maka akan dibuat faktur yang berfungsi sebagai tanda bukti. Akan tetapi jika dalam perjanjian jual-beli tersebut pembayaran dilakukan secara bertahap atau kredit, maka sebelum pembayaran lunas yang diberikan ialah copy faktur baru setelah lunas akan diberikan faktur yang asli. Faktur ialah suatu dokumen dasar yang dipakai sebagai bukti tertulis atau pencatatan bagi perusahaan penjual dan pembeli. Faktur ini yang nantinya berfungsi sebagai bukti dari transaksi dari penjualan.

Biasanya faktur dibuat 3 lembar yaitu satu lembar copy berwarna untuk pembeli yang telah melunasi pembayarannya, atu lembar copy berwarna untuk arsip bagian penjualan dan satu lembar copy berwarna lainnya untuk laporan bagian keuangan pada penjualan.
Apakah itu faktur?

contoh faktur kosong dan yang telah di isi
Lalu di bagian bawah ini beberapa contoh faktur, dapat kamu amati atau cermati:
Contoh faktur kosong
Contoh fatur yang sudah di isi

Analisis transaksi tsb terhadap akun

Saya sbagai PD.Harpan yang beralamat Jl.Mendut20,Tangerang mengeluarkan Faktur. No : 01 (Faktur Penjualan Kredit)yang ditujukan kepada : Aisyah 
barang-barangnya sbagai brikut :
Banyaknya
Nama Barang
Harga Satuan
Jumlah
10 Kaleng
Cat Tembok
Rp.15.000,00
Rp.150.000,00
10 Lembar
Triplek
Rp.  8.000,00
Rp.  80.000,00

Rp.230.000,00
 Pengaruh Transaksi tsb terhadap akun :


-Piutang Dagang(Account Receivable)                     Rp.230.000,00
                -Penjualan(Sales)                                                             Rp.230.000,00

@Rewrite By. Chandra Gunawan

- Copyright © 2013 C&Fre-Otaku - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan